Sabtu, 06 Oktober 2012

Minuman Khas Yogyakarta


Wedang Ronde

Wedang ronde adalah salah satu minuman yang kuahnya berasal dari air gula yang diberi jahe sehingga rasanya pedas, dan disajikan dalam keadaan hangat. Sedangkan rondenya terbuat dari ketan dan didalamnya berisi kacang tanah.

Pada perayaan-parayaan yang akhir-akhir ini menggunakan hidangan wedang ronde yang lazimnya jumlah ronde yang dipakai dalam satu mangkuk adalah 12 butir plus satu buah ronde berukuran lebih besar. Warna ronde pun beraneka ragam ada yang berwarna merah ada pula yang berwarna putih,semua memiliki makna tersendi. Adapun akulturasi budaya dalam makanan ini berlanjut sampai sekarang, malah wedang ronde sudah menjadi makanan rakyat jelata, Biasanya wedang ronde ini dijajakan semangkuk tak kurang dari Rp 4000 perak. Tidak sulit untuk menumukan wedang ronde di

Yogyakarta.Karena disinilah tempat memproduksi minuman tersebut. Seperti ditempat-tempat wisata Kraton, Alun-alun kidul/selatan(Alkid) dan ada pula pedagang yang menjajakan secara keliling komplek seperti didaerah saya.



Wedang Secang

Banyak orang mengetahui manfaat dari wedang secang(minuman secang ini). Seperti Kurang enak badan,masuk angin, karena minuman ini dapat menimbulkan raa hangat didalam tubuh sehingga memberikan rasa segar dalam tubuh.

Semakin meningkatnya sebuh teknologi membuat kita menjadi lebih praktis dalam mengkonsumsi minuman ini. Karena sekarang terdapat minuman secang ini yang berbentuk sirup maupun serbuk. Minuman ini juga bisa mengobati penyakit diare,disentri,TBCmlaria,radang selaput lendir mata dan lain sebagainya.Kayu secang mengandung galat tanin, resorsin, brassilin, brasilein, d-alfa-phellandrene, ascimene, minyak atsiri yang kasiyate bisa menghentikan perdarahan, pembersih darah, penawar racun, dan antiseptik.

Cara pembuatannya tidak begitu sulit hanya menyediakan kayu secang secukupnya,ditambah gula pasir,sere,jahe,dan air secukupnya. Semua bahan dimasukkan lalu diaduk,diperas lalu disaring. Lalu rebus sekitar 3jam. Nah, setelah selesai nech.. secang dapat dinikmati panas maupun dingin. Untuk didaerah daratan tinggi secang digunakan untuk menghangatkan tubuh. Seperti daerah kaliurang dan dataran tinggi lainnya. Selamat mencoba..


Wedang Bajigur

Bahan bajigur:

500 gram santan kental
200 gram gula merah
100 gram jahe
50 gram gula pasir
1O gram garam
2 lembar daun pandan

Cara membuat:

1. Rebus jahe sampai menjadi air jahe sebanyak empat gelas.
2. Rebus pula santan dengan daun pandan, di atas api kecil sambil terus diaduk.
3. Setelah santan mendidih, campurkan air jahe.
4. Masukkan semua bahan seperti gula merah, gula pasir, garam, dan daun pandan.
5. Tunggu sebentar, lalu angkat dan sajikan

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar